Tips Cara Memilih Ikan Yang Masih Segar

oleh -13 Dilihat
Ikan tuna/bankumis saat pembongkaran (Foto Istimewa)

Fokusnews.id– Memilih ikan yang masih segar sangat penting untuk memastikan keamanan dan kualitas makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih ikan yang masih segar:

1. Bau: Ikan segar seharusnya tidak memiliki bau amis atau anyir. Bau yang kuat atau tidak sedap mungkin menandakan bahwa ikan sudah tidak segar.

2. Mata: Periksa mata ikan. Mata ikan yang segar seharusnya tampak jernih, berkilau, dan tidak keruh. Mata yang cemberut atau kekeruhan bisa menjadi tanda-tanda ikan tidak segar.

3. Kulit: Periksa kulit atau sisik ikan. Sisik ikan yang masih melekat erat dan berkilau adalah tanda-tanda ikan masih segar. Hindari ikan dengan kulit yang lembek atau berwarna pudar.

4. Kepala dan Sirip: Perhatikan kepala dan sirip ikan. Kepala ikan segar cenderung kokoh dan mata ikan masih berwarna cerah. Sirip ikan segar juga tidak mudah patah atau rusak.

5. Inspeksi Fisik: Rasakan tekstur daging ikan dengan lembut. Daging ikan yang masih segar seharusnya elastis dan kencang, bukan lembek atau licin.

6. Warna: Ikan yang segar cenderung memiliki warna yang cerah dan bersih. Hindari ikan dengan warna pucat atau pudar.

7. Bau Kedua: Jika Anda masih ragu, Anda juga bisa meminta ikan untuk dipotong terlebih dahulu dan memeriksa bau daging yang lebih dalam. Bau yang tidak sedap bisa menjadi tanda ikan sudah tidak segar.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan ikan yang masih segar untuk dimasak dan dinikmati. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual ikan atau ahli seafood jika Anda masih bingung atau ingin memastikan keaslian ikan. Semoga informasi ini membantu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.