Forum UKM-IKM Kota Kendari Resmi di Bentuk, Ini Misi dan Visinya

oleh -204 Dilihat
Musyawara Umum UKM-IKM Kota Kendari Muhammad icung, SE (Tengah baju warna hitam) diamanahkan jadi Ketua Umum UKM-IKM Kota Kendari. (Foto Istimewa)

Fokusnews.id, Kendari – Forum UKM-IKM Kota Kendari adalah sebuah platform komunitas yang didirikan untuk membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Kendari untuk saling berinteraksi, berbagi pengetahuan dan meningkatkan potensi bisnis mereka.

Ketua Umum Forum UKM-IKM Kota    Kendari Muhammad icung, SE mengatakan Forum UKM-IKM ini terbentuk Sabtu 27 Januari 2024 dari hasil musyawara  saya diamanahkan menjadi Ketua Umum. Icung juga menjelaskan tujuan utama dibentuknya Forum UKM-IKM Kota Kendari yakni .

1. Peningkatan Kompetitivitas : Melalui pertukaran informasi dan pengalaman antar anggota forum, para pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka sehingga dapat bersaing lebih baik di pasar lokal maupun nasional.

2. Pemberdayaan Ekonomi Lokal : Forum ini menjadi sarana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberikan dukungan dan bimbingan kepada UKM-IKM dalam hal pemasaran, manajemen keuangan, dan pengembangan produk.

3. Kolaborasi dan Jaringan : Melalui forum ini, para pelaku usaha memiliki kesempatan untuk menjalin kemitraan dan kerja sama dengan pihak lain, baik itu sesama pelaku usaha
maupun dengan pemerintah daerah, lembaga pendidikan, atau lembaga lainnya yang dapat mendukung pengembangan UKM-IKM.

4. Advokasi dan Representasi : Forum ini juga berperan sebagai suara para pelaku usaha UKM-IKM dalam berbagai kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan sektor tersebut. Dengan bersatu, mereka dapat lebih efektif dalam menyuarakan kepentingan dan memperjuangkan hak-hak mereka.

5. Pendidikan dan Pelatihan : Forum ini menyelenggarakan berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan seperti workshop, seminar dan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas para pelaku usaha UKM-IKM.

“Jadi tujuan dibentuknya forum ini adalah untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan sektor UKM-IKM di Kota Kendari serta memperkuat jejaring antar pelaku bisnis lokal,” ujar bang Icung sapaan akrabnya melalui Pesan WhatsApp nya Minggu (10/3/2024).

Icung juga mengatakan manfaat bergabung di Forum UKM-IKM Kota Kendari antara lain :

1. Memperluas Jaringan Bisnis: Anggota dapat menjalin hubungan dengan sesama pelaku bisnis lokal, pemasok dan calon konsumen, sehingga memperluas potensi kerjasama dan peluang pasar.

2. Bertukar Informasi dan Pengalaman: Anggota dapat saling bertukar informasi, pengalaman, dan tips bisnis yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan daya saing usaha mereka.

3. Mendapatkan Dukungan dan Bimbingan: Forum menyediakan platform bagi anggota untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan dari para ahli dan pelaku bisnis berpengalaman dalam menghadapi tantangan dan mengoptimalkan potensi bisnis mereka.

4. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan: Melalui diskusi, seminar, workshop, dan pelatihan yang diselenggarakan oleh forum, anggota dapat terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

5. Memperoleh Akses ke Sumber Daya dan Peluang Bisnis: Forum dapat menyediakan akses ke sumber daya, informasi, dan peluang bisnis yang mungkin tidak tersedia secara langsung kepada anggota jika mereka
bekerja secara individu.

“Dengan bergabung di Forum UKM-IKM Kota Kendari, para anggota dapat saling
bertukar informasi, pengalaman, dan ide-ide inovatif dalam mengelola bisnis
mereka. Mereka juga dapat memperluas jaringan bisnis, mencari peluang
kerjasama, serta mendapatkan dukungan dan bimbingan dari sesama anggota forum yang memiliki pengalaman dan keahlian yang beragam,” bebernya.

Ia menambahkan untuk Visi Forum UKM-IKM Kota Kendari menjadi wadah komunitas yang terdepan dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Kendari, serta menjadi pusat kolaborasi dan inovasi untuk menciptakan ekosistem bisnis yang berkembang dan berkelanjutan.

Adapun Misinya 1. memberikan dukungan dan pembinaan secara menyeluruh bagi pemilik UKM/IKM dalam mengembangkan kualitas produk dan layanan.

2. Membangun jaringan kerjasama yang kuat antara anggota UKM/IKM dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan mitra bisnis.

3. Mendorong inovasi dan kreativitas dalam pengembangan produk dan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing pasar.

4. Menyediakan akses terhadap pelatihan, informasi, dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan anggota UKM/IKM.

5. Mengadvokasi kebijakan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan UKM/IKM serta memperjuangkan kepentingan mereka ditingkat lokal dan nasional.

6. Menggalang kesadaran masyarakat tentang pentingnya mendukung dan
membeli produk lokal dari UKM/IKM untuk memajukan ekonomi lokal.

7. Menjadi pusat pengembangan model bisnis berkelanjutan yang berorientasi pada keadilan sosial, lingkungan, dan ekonomi bagi anggota UKM-IKM,” tungkasnya.

Editor: Yayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.