Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pj Wali Kota Bersih-bersih Sampah Plastik di Teluk Kendari

oleh -25 Dilihat
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (Foto Ist)

Fokusnews.id Kendari – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) adalah peringatan setiap tahun di Indonesia pada tanggal 21 Februari. Dalam peringatan ini Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengajak seluruh petugas kebersihan, ASN, dan TNI-Polri melaksanakan aksi karya bakti bersih-bersih sampah plastik di kawasan Anjungan Teluk Kendari dan kawasan Kendari Beach sampai di kawasan Pelelangan Ikan, Kelurahan Sodoha, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan bersih-bersih yang diawali dengan apel gabungan bersama di pelataran Anjungan Teluk Kendari. Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan sampah di darat dan di laut dengan menggunakan perahu dan Speedboat.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, mengatakan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan kebersihan, pada momen peringatan HPSN tahun ini Pemkot kendari bersama dengan seluruh element masyarakat, petugas kebersihan, ASN, FKPPI, Camat dan Lurah, serta TNI-Polri mengambil peran dengan melaksanakan aksi karya bakti membersihkan sampah dan plastik di Teluk Kendari.

“Jadi kita fokuskan aksi bersih-bersih kali ini itu pada sampah plastik karena kita ingin sampah yang tadinya tidak bernilai menjadi bernilai ekonomi bagi masyarakat, jika dikelolah dan diproduksi dengan baik,” ucapnya.

Dia juga menegaskan bahwa kenapa aksi bersih-bersih ini pusatkan Teluk Kendari, karena sebagai salah satu ikon Kota Kendari. Selain itu, di Teluk Kendari juga menjadi pusat atau hulu limbah masyarakat ketika musim hujan.

“Ketika musim telah hujan tiba, sampah-sampah masyarakat dari segala penjuru kota maupun dari daerah tetangga lain pasti terkumpul di sini, oleh karena itu
melalui aksi bersih-bersih ini harus menjaga kelestariannya Teluk Kendari agar tetap terjaga kebersihannya,” Jelasnya.

Kepala BPBD Provinsi Sultra ini juga menambahkan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan ini bukan hanya sekedar seremonial semata dalam memperingati hari sampah, akan tetapi aksi ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan agar Kota Kendari tetap bersih dan nyaman, sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama tercipta yaitu Kendari yang aman, nyaman, dan bahagia.

“Saya harap kedepannya seluruh masyarakat Kota Kendari peduli terhadap kebersihan lingkungan di Teluk Kendari,” tutupnya.

Redaksi Fokusnews.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.