Hazamd, ASN Konawe Selatan Pertama yang Raih Doktor Ilmu Manajemen

oleh -785 Dilihat

FOKUSNEWS.ID, KENDARI – Dunia pemerintahan di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, patut berbangga. Salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini, Kasubag Keuangan di Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Konawe Selatan, Hamzad, telah berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Halu Oleo (UHO) pada Rabu, 10 Juli 2024.

Prestasi Hamzad ini membuka jalan bagi kemajuan dalam bidang manajemen sumber daya manusia (MSDM) di sektor pemerintahan. Penelitiannya yang berfokus pada keterlibatan kerja (job engagement) dan kepemimpinan pelayanan (servant leadership) diharapkan dapat memberikan sumbangsih penting dalam pengembangan model kepemimpinan yang lebih efektif dan meningkatkan keterlibatan serta komitmen karyawan dalam organisasi pemerintahan.

Disertasi Hamzad yang berjudul “Peran Mediasi Job Engagement Pada Pengaruh Servant Leadership Terhadap Affective Commitment dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Seluruh Dinas Se-Kabupaten Konawe Selatan” ini menyoroti pentingnya keterlibatan kerja dalam memperkuat pengaruh kepemimpinan pelayanan terhadap komitmen afektif dan perilaku kewargaan organisasi (OCB) di lingkup pemerintahan daerah.

Sidang promosi tersebut dihadiri oleh dewan penguji yang terdiri dari akademisi terkemuka dan berpengalaman, di antaranya Prof. Dr. Ir. H. Takdir Saili, M.Si. (Ketua), Prof. Analuddin, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D (Sekretaris), Prof. Dr. Nurwati, SE., M.Si (Promotor), Dr. Endro Sukotjo, SE., M.Si (Ko. Promotor I), Dr. La Ode Asfahyaddin A., SE., M.Si (Ko. Promotor II), Prof. Dr. Hj. Siti Haerani, SE., M.S (Penguji Eksternal), Prof. Dr. Muhammad Zamrun F, S.Si., M.Si., M.Sc (Penguji Kehormatan), Prof. Dr. H. Samdin, SE., M.Si (Penguji), Prof. Buyung Sarita, SE., M.Si., Ph.D (Penguji), Prof. Dr. H. Rahmat Madjid, SE., M.Si (Penguji), Dr. Nursaban Rommy Suleman, SE., M.Si (Penguji), dan Dr. Sri Wiyati Maharani, M.Si (Penguji).

Sidang berlangsung dinamis dengan diskusi ilmiah yang mendalam. Setiap penguji memberikan pandangan, kritik, dan saran yang konstruktif terhadap disertasi Hamzad. “Ini adalah penelitian yang sangat relevan dan aplikatif. Semoga bisa memberikan dampak positif dalam praktik manajemen di sektor pemerintahan,” komentar salah satu penguji.

Hamzad yakin bahwa hasil penelitiannya ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan manajemen sumber daya manusia di sektor pemerintahan, khususnya di Kabupaten Konawe Selatan.

“Kami berharap hasil penelitian ini bisa menjadi panduan bagi pengembangan model kepemimpinan yang lebih efektif dan meningkatkan keterlibatan serta komitmen karyawan dalam organisasi pemerintahan,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Keberhasilan Hamzad dalam meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen ini menunjukkan dedikasi dan komitmennya yang tinggi untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam bidang manajemen sumber daya manusia.

Prestasinya ini patut menjadi inspirasi bagi para ASN lainnya untuk terus belajar dan berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara. (red)

 

Reporter : Kak Ulank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.