Bentuk Kepedulian Terhadap Korban Banjir, Bappeda Selurkan Bantuan Sembako dan Pakaian Layak Pakai di Posko Siaga Bencana Korumba

oleh -25 Dilihat
Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang dan jajaran usai menyerahkan bantuan makanan dan pakaian ke posko Kelurahan Korumba. (Foto Istimewa)

Fokusnews.id Kendari – Bentuk kepedulian terhadap korban banjir Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyerahkan bantuan sembako dan pakaian layak pakai ke Posko Siaga Bencana Kelurahan Korumba, Jumat Pagi (8/3/2024).

Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang memgatakan bahwa bantuan yang diberikan sesuai dengan arahan Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. Menurutnya, musibah bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Kendari merupakan tanggung jawab bersama dan tak ada satu orang pun yang menginginkan adanya bencana.

“Minimal tanggap darurat 3-4 hari ini masyarakat bisa terlindungi dari sisi sandang pangannya, dengan segera memberikan bantuan kapada masyarakat terdampak. Khusus Bappeda dan Dinas Perumahan diberi tanggung jawab di Kecamatan Mandoga,” ungkapnya usai penyaluran.

Mantan Kepala Dinas Perumahan dan Pertanahan berharap bantuan yang diberikan dapat membantu masyarakat korban bencana, terutama untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan, termasuk kebutuhan air bersih.

“Bantuan seperti ini akan terus kita salurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Terkait rekonstruksi pekerjaan fisik ini akan ditangani dinas terkait. Tentunya tanggap darurat yang dikeluarkan walikota menjadi dasar semua instansi agar pembiyaan dapat di keluarkan,” terang Lius sapaan akrabnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kota Kendari, menambahkan, status tanggap darurat yang dikeluarkan juga menjadi dasar Pemerintah Kota Kendari untuk mengeluarkan dana BTT (Belanja Tak Terduga) untuk melakukan penanganan yang sifatnya infrastruktur.

“Tapi paling urgen yang kita lakukan ini adalah memastikan bahwa warga terdampak banjir dan tanah longsor bisa teratasi dari sisi makanan, pakaian dan juga air bersih,” beber Lius.

Dikesempatan ini, orang nomor satu di jajaran Bappeda mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan bencana yang bisa saja terjadi tanpa diketahui.

“Karena tidak ada yang pernah memastikan kapan bencana itu datang. Tapi saya kira langkah-langkah antispasi yang dilakukan Pemkot bersama masyarakat minimal mencegah dampak dari bencana itu,” pungkas Lius.

Ditempat sama, Camat Mandonga, Alimin sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pemkot melalui Kepala Bappeda Kendari. Baginya, bantuan ini tentunya akan mengurangi kesulitan dan duka yang terjadi terhadap warga Kecamatan Mandonga khususnya di Kelurahan Korumba.

“Semoga bantuan ini akan meringankan beban warga dan betul- betul bermanfaat. Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya. Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Bappeda Kendari selama bencana ini belum berhenti tidak bosan-bosannya Pemkot terus memberikan perhatian kepada warga yang terdampak banjir,” pinta Alimin. (red/id)

Untuk di ketahui bantuan yang diberikan berupa sembako sepetir beras 50 kilogram, mie instan 50 dos, telur ayam 24 rak, biskuit 13 bungkus, air mineral 10 dos dan pakaian layak pakai, selimut dan sarung satu set.

 

Redaksi Fokusnews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.