Jelang Ramadhan dan Idul Fitri BI Buka Penukaran Uang Rupiah

oleh -222 Dilihat
Foto Ist

Fokusnews.id, Kendari– Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara(Sultra) resmi membuka kembali penukaran uang Rupiah baru melalui layanan kas keliling. Pemesanan penukaran uang ini dilakukan melalui pendaftaran melalui website pintar.bi.go.id.

Penukaran uang Rupiah dimulai dari tanggal 25 Maret – 4 April 2024 di 90 titik layanan penukaran uang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, Doni Septadijaya mengatakan dalam menyambut momen Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Indonesia melaksanakan kegiatan program Semarak Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI). BI Sutra akan bersinergi dengan 24 perbankan daerah dalam pelayanan penukaran bersama di pusat keramaian Kota Kendari serta 90 titik layanan penukaran yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 25 Maret sampai dengan 4 April 2024.

Adapun kegiatan penukaran Uang Rupiah di Kantor BI Sultra ini dapat dilakukan setiap hari Selasa & Kamis pukul 08.00 WITA sampai dengan 12.00 WITA dengan menggunakan aplikasi PINTAR ( pintar.bi.go.id) dari sebelumnya hanya dapat dilakukan pada hari Kamis pukul 09.00 WITA sampai dengan 11.30 WITA.

Melalui penambahan jumlah hari penukaran dan jam kerja penukaran, diharapkan masyarakatkan dapat lebih terakomodasi dalam penukaran Uang Tidak Layak Edar (UTLE) sehingga sirkulasi ULE di Sultra terus meningkat untuk menjamin kelancaran sistem pembayaran dan secara umum perputaran ekonomi Sultra

Pada kegiatan SERAMBI, masyarakat dapat melakukan penukaran Uang Rupiah mulai dari pecahan Rp1.000 sampai dengan Rp100. 000 dengan total nilai penukaran sebesar Rp5.300.000 untuk keseluruhan pecahan, meningkat dari sebelumnya Rp3.700.000 di tahun 2023.

Agar proses layanan penukaran lebih cepat dan efisien, masyarakat dihimbau untuk melakukan pendaftaran pada situs pintar.bi.go.id satu hari sebelum melakukan penukaran.

Melalui situs tersebut pendaftar dapat mengisikan jumlah pecahan yang akan ditukarkan dan lokasi tujuan penukaran, lalu pendaftar akan memperoleh e-mail konfirmasi penukaran yang akan ditunjukkan pada petugas pada saat penukaran Uang Rupiah.

 

Redaksi Fokusnews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.