Heri Ashak, Tekankan Pentingnya Peran Instruktur Dalam Pengembangan Kegiatan Pramuka

oleh -86 Dilihat
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kendari, Hery Ashak saat membuka Kursus Instruktur Saka Bakti Husada di Pangkalan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Kendari (Foto Ist)

Fokusnews.id, Kendari – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kendari, Hery Ashak, yang juga sebagai Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Kendari, secara resmi membuka Kursus Instruktur Saka Bakti Husada di Pangkalan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Kendari, Kamis (20/6/2024).

Dalam sambutanya Heri Ashak mengatakan
Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengurus Saka Bakti Husada dalam bidang kepramukaan dan kesehatan.

Ia juga menekankan pentingnya peran instruktur dalam pengembangan kegiatan pramuka. Instruktur memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk karakter dan keterampilan peserta didik.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para instruktur, sehingga mereka dapat memberikan yang terbaik kepada generasi muda. Heri juga mengapresiasi kolaborasi antara berbagai pihak dalam menyelenggarakan kursus ini,” ungkapnya.

“Kerja sama yang baik antara pemerintah, Gerakan Pramuka, dan instansi terkait sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui pendidikan dan pembinaan kepramukaan,” tambahnya.

Sekretaris Kwarcab Kota Kendari tersebut menambahkan bahwa Saka Bakti Husada adalah wadah strategis untuk mengembangkan minat dan bakat anggota Pramuka di bidang kesehatan.

“Saka Bakti Husada bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kepedulian anggota Pramuka terhadap isu-isu kesehatan. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam mempromosikan perilaku hidup sehat,” katanya.

Kata Heri kursus ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga membangun karakter dan sikap positif di kalangan instruktur.

“Melalui kursus ini, para instruktur diharapkan dapat menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat, serta mampu menyebarluaskan informasi kesehatan dengan efektif,” jelasnya.

Kegiatan kursus meliputi enam krida kesehatan, yaitu Krida Bina Kesehatan Lingkungan, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Bina Pengendalian Penyakit, dan Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Enam krida ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Pramuka, sehingga mereka dapat menjadi contoh di lingkungan mereka,” pungkasnya.

Editor : Yayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.